Orang-orang Viking sering digambarkan sebagai orang bar-bar yang kasar dan harus ditakuti. Namun dalam kenyataannya, mereka meninggalkan warisan penting sehingga gaungnya menggema sepanjang sejarah.

Yakni senjata misterius Uflberht, semacam pedang perang abad pertengahan yang dianggap sangat maju pada masanya. Uflberht adalah senjata yang ditemukan di Eropa, yang berasal dari abad ke-9 hingga ke-11. Senjata ini dianggap sebagai titik awal dari tradisi abad pertengahan yang tinggi dari pisau pedang yang terukir. Sebenarnya ada ribuan pedang Ulfberht yang ditemukan di seluruh Eropa, namun hanya 170 yang terbukti asli.


Komposisi dan Kualitas Pedang Uflberht

Apa yang membuat Ulfberht begitu istimewa adalah kenyataan bahwa kekuatan logam pisau ini sebanding dengan kualitas baja modern. Kebanyakan senjata Viking di seluruh Eropa pada masa itu terbuat dari baja berkualitas rendah yang bisa pecah seperti kaca. Inilah alasan mengapa Uflberht menjadi teka-teki, sementara pandai besi abad pertengahan di Eropa belum memiliki pengetahuan dan teknologi untuk membuat senjata yang kuat. Teknologi dan pengetahuan semacam ini baru akan muncul beberapa abad kemudian.

Untuk menciptakan pedang dengan kualitas yang sama dengan pisau Ulfberht, penyertaan dan distribusi karbon adalah kuncinya. Faktanya, kandungan karbon dari Ulfberht sekitar tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan senjata tajam lainnya pada waktu itu. Namun, yang menarik tentang ini adalah pandai besi abad pertengahan di Eropa tidak dapat membuat baja bebas dari kerak karena api mereka tidak cukup panas untuk mencairkan besi sepenuhnya. Sebaliknya, di era Viking, karbon terutama dapat diperkenalkan melalui batu bara yang dipanasi. Serta satu-satunya cara untuk menghapus kerak dari logam adalah dengan hanya mencoba memukul-mukulnya menggunakan beda keras.

Bilah-bilah pada senjata ini bertuliskan tulisan Ulfberht dan dua salib (+ VLFBERHT +). Nama "Ulfberht" diyakini sebagai nama orang yang kemudian dijadikan semacam merek dagang. Karena Ulfberht menjadi seperti merek mewah abad pertengahan untuk pedang, orang-orang bahkan menganggap senjata ini memiliki kekuatan mistis. Salib yang ditemukan di Ulfberht sendiri menunjukkan bahwa senjata-senjata ini memiliki hubungan dengan Gereja Katolik Roma. Ini masuk akal karena gereja mendominasi Kekaisaran Frank dan juga merupakan produsen utama dan penyalur senjata selama waktu itu.



Teori Tentang Asal-usul Pedang Uflberht

Pada saat pedang-pedang Ulfbehrt diproduksi, tidak ada orang di Eropa yang tahu cara mencairkan besi pada suhu ekstrem selama berabad-abad. Baja bahkan tidak ada sampai Revolusi Industri pada abad ke-18. Jadi, bagaimana Viking berhasil menempa bilah pedang yang dengan teknologi canggih ini? Hal ini karena Viking juga dikenal sebagai pedagang dan navigator yang sangat terampil.

Banyak artefak yang ditemukan di Skandinavia zaman modern berasal dari Asia, India dan beberapa bagian Timur dunia. Ini menyebabkan banyak ahli percaya bahwa Viking telah berhasil mencapai benua Amerika dan Asia. Asia adalah rumah bagi para ahli pedang terbesar hebat dalam sejarah manusia. Termasuk baja Damaskus, yang bertekad untuk memiliki komposisi yang mirip dengan kandungan logam dari pedang Ulfberht. Temuan ini menimbulkan satu teori bahwa pedang Ulfberht berasal dari yang sekarang disebut Iran.

dikutip dari intisari.grid.id