Anda cemas ketika informasi pribadi beredar di internet secara ilegal di internet? Mungkin Matchlight dapat mengatasi, atau setidaknya mengurangi kecemasan tersebut. Baru-baru ini Terbium Labs mengumukan sistem intelijen buatan mereka, yang akan memberi peringatan apabila ada orang yang mencuri data pribadi kita.

"Matchlight mengawasi data Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir," seperti tertulis pada situs mereka https://terbiumlabs.com/matchlight.html. Untuk menggunakannya, yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar di website dan kemudian masukan beberapa rincian Anda. Jika ada deteksi oleh Matchlight, peringatan akan seger dikirim kepada Anda.




Ketika pengguna mendaftar, lima potongan pertama dari Personally Identifiable Information (PII) dimonitor secara gratis oleh perusahaan. Setelah itu, langganan berbayar menyediakan akses ke semua fitur Matchlight ini. Untuk pemilik bisnis, setiap potongan data dikenakan biaya 5 Dollar US untuk pemantauan.

Layanan peringatan termasuk kredensial akun, nomor jaminan sosial, dan dokumen rahasia. Pengguna juga dapat memonitor kata kunci atau pola, alat yang berguna untuk pelacakan alamat email, kartu kredit, dan nomor identifikasi.

Biasanya, dibutuhkan 206 hari sebelum pelanggaran data diidentifikasi, dengan 85 persen dari pelanggaran tersebut ditemukan oleh pihak ketiga. Matchlight mengklaim telah berhasil mengurangi ini menjadi hanya beberapa menit.

Jika memberikan informasi pribadi dianggap berisiko, Matchlight mencoba memastikan bahwa informasi ini tidak benar-benar disimpan dalam bentuk aslinya. Sebaliknya, "sidik jari" yang akan digunakan sebagai pencari.

"Sidik jari ini memungkinkan Matchlight untuk mencari informasi klien tanpa perlu mengungkapkan informasi itu kepada siapa pun, bahkan tidak kepada kami sendiri," klaim situs web mereka.

Matchlight diluncurkan tahun lalu, tetapi hanya sebagai beta pribadi yang tidak tersedia untuk umum. Sekarang perusahaan menargetkan pengguna individu dan bisnis kecil-menengah yang tidak memiliki uang atau tenaga kerja dari perusahaan yang lebih besar.

"Serangan yang tak terelakkan dan organisasi data dan kekayaan intelektual selalu berisiko," kata Tyler Carbone, COO dari Terbium Labs, dalam sebuah pernyataan. "Kami menggeser keseimbangan kekuatan dengan menyediakan organisasi dari semua ukuran dengan alat untuk mengidentifikasi pencurian informasi dan penipuan dengan cepat, pribadi dan terjangkau."

(IFLScience)

dikutip dari intisari.grid.id