Ad Code

Responsive Advertisement

Terbaru

6/recent/ticker-posts

Tak Banyak Orang Tahu! Ternyata Pohon Memiliki Perasaan, Berteman, dan Saling Menyayangi seperti Manusia

Walau tak bergerak dan tak bersuara, ternyata pohon memiliki perasaan, berteman, dan saling menyayangi seperti manusia menurut hasil studi terbaru.

Seorang peneliti asal Jerman, Peter Wohlleben, baru saja menemukan fakta unik mengenai pohon. Peter, merupakan ilmuwan yang memang mengkhususkan diri dalam penelitian pohon, berkata bahwa pohon bisa merasakan sakit. Pohon juga memiliki emosi seperti rasa takut.

Peter juga berkata bahwa pepohonan senang jika tumbuh berdekat-dekatan dan bersama serta saling bersentuhan. Mereka juga senang memiliki teman dan selalu melakukan segala hal dalam ritme yang lambat. Peter berkata bahwa ia sudah menemukan fakta bahwa pepohonan juga bisa memiliki teman.



Menurut Peter, sesama pohon bisa memiliki ikatan yang kuat layaknya pasangan manusia. Mereka bisa saling menjaga satu sama lain dan sama-sama memiliki perasaan yang kuat. Hasil penelitiannya yang unik ini sudah dituangkan ke dalam sebuah film dokumenter bernama ‘Intelligent Trees’.

Film dokumenter ini dibuat oleh Peter sendiri. Ia bekerja sama dengan seorang ekolog asal University of British Columbia, Suzanne Simard. Dua orang pakar ini meyakini pohon benar-benar hidup dan bahkan bisa berkomunikasi. Hal ini mereka ketahui berdasarkan penelitian yang dilakukan selama berpuluh-puluh tahun lamanya.

Dalam film dokumenter tersebut menjelaskan bahwa pohon bukanlah sekadar organisme yang memproduksi oksigen. Mereka bukanlah sekadar kumpulan kayu yang menunggu untuk ditebang dan dijadikan berbagai macam perabotan. Tapi layaknya manusia, yang membutuhkan kehidupan sosial.

dikutip dari intisari.grid

Posting Komentar

0 Komentar