Tomat adalah salah satu jenis sayuran yang tak butuh dimasukkan dalam lemari es. Inilah alasan mengapa tomat tak boleh dimasukkan ke kulkas.




Tomat adalah jenis sayur yang benar-benar akan menjadi lebih buruk ketika masuk dalam kulkas. Dalam studi terbaru, dibuktikan bahwa sejumlah gen yang menimbulkan rasa pada tomat akan hilang ketika didinginkan.

Hal ini menjelaskan mengapa tomat yang ada di supermarket dan sudah lama ditempatkan dalam tempat dingin rasanya akan jauh berbeda dari tomat segar langsung dari petani. Rasa tomat sendiri berasal dari kombinasi gula, sam, dan volatil yang merupakan asam amino dengan citarasa khas.

Sejumlah studi terdahulu telah membuktikan bahwa volatil ini akan hilang ketika disimpan dalam temperatur rendah. Eksperimen dilakukan dengan cara menyimpan tomat pada suhu lima derajat celcius untuk periode delapan hari. Peneliti kemudian melihat bagaimana perubahan 25.879 gen yang ada pada tomat tersebut.

Hasil studi menunjukkan bahwa gen yang mengontrol 12 volatil berbeda ini akan menurun drastis setelah dimasukkan dalam kulkas. Mereka kemudian juga mencicipkan tomat ini pada sejumlah responden. Hasilnya? Responden berkata bahwa tomat yang sudah masuk ke kulkas rasanya tidak seenak tomat yang tidak dikulkas.

Lebih rinci lagi, peneliti berkata bahwa tomat yang disimpan kurang dari tiga hari di kulkas tidak akan kehilangan volatilnya. Jika disimpan lebih lama dari itu, zat volatil akan hilang secara permanen bahkan jika tomat diletakkan pada tempat hangat lagi.

dikutip dari intisari.grid